Kamis, 25 April 2013

SMP Negeri 18 Medan, SMP Adiwiyata Terbaik di Medan.



Desember 2012, dimana waktu resminya SMP Negeri 18 Medan meraih Juara I Perlombaan Sekolah Adiwiyata untuk SMP Kota Medan. Dengan Juara II diraih oleh SMPN 1 Medan, dan Juara III diraih oleh SMPN 7 Medan.
Apa itu sekolah Adiwiyata?.
Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli, berbudaya, dan berbasis lingkungan. Jadi, apa yang kita peroleh di Sekolah Adiwiyata ini bukanlah hanya sekedar ilmu akademik dan keterampilan ekstrakulikuler saja. Di sekolah ini, juga menumbuhkan rasa kepedulian siswa akan lingkungan biotiknya. Siswa diberi ilmu untuk merawat, menjaga, dan melestarikan alam dengan baik.
Sekolah Adiwiyata ini perlu dikembangkan. Mengingat bahwa, sekarang telah terjadi Pemanasan Global. Yang dapat menghentikan ini hanyalah manusia itu sendiri. Untuk menciptakan manusia yang mau memberantas Pemanasan Global, ada cara-cara berikut:
1.        Tahu akan dampak Pemanasan Global, dan dapat melihat jauh kedepan.
2.       Memiliki pengetahuan yang luas akan lingkungan
3.       Berpikir kritis untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan Pemanasan Global
4.      Memiliki sifat ulet, berani beraksi, dan pandai berbicara untuk menyebarkan virus rasa ingin menyelamatkan bumi.
Saat ini, adalah masa proses pemutusan sekolah-sekolah manakah yang mendapat Adiwiyata Provinsi. Dimana, 6 dari 50 sekolah yang disurvey berasal dari Medan, 2 SD, 2 SMP, 2 SMA. Dan kedua SMP asal Medan yang lolos ke penilaian Adiwiyata tingkat provinsi adalah SMP Negeri 18 Medan dan SMP Negeri 1 Medan.
Semoga, kesadaran manusia akan pentingnya kelestarian lingkungan hidup semakin meningkat dan semakin berkembang luas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar